Teori Ekonomi Makro

PENDAHULUAN

Ilmu Ekonomi secara garis besar dibagi atas, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Dalam ekonomi mikro yang dibicarakan adalah unit-unit individu seperti perusahaan dan rumah tangga. Maka di dalam teori ekonomi mikro ada teori prilaku produsen, prilaku konsumen, bagaimana mencapai kepuasan yang optimal bagi konsumen, juga bagaimana produsen dapat memperoleh keuntungan yang maksimal, dan lain-lain. Jadi yang menjadi ini perhatian adalah individunya.

Sedangkan dalam teori makro ekonomi prilaku-prilaku individu tadi digabung menjadi satu, atau secara agregat (keseluruhan). Jadi yang menjadi perhatian tidak lagi produksi satu perusahaan dan harga suatu barang, tetapi produksi total dan tingkat harga umum. Kita melihat perekonomian secara nasional. Pada ekonomi makro yang menjadi perhatian adalah tingkat infasi, pengangguran, neraca pembayaran, dan pertumbuhan ekonomi.

 Masalah-masalah yang dibahas dalam ekonomi makro meliputi Masalah Kestabilan Harga (Inflasi), Masalah Pengangguran, Masalah Keseimbangan Neraca Pembayaran, dan Masalah Pertumbuhan Ekonomi.

PENGUKURAN PENDAPATAN NASIONAL

Pendapatan Nasional adalah produksi barang dan jasa oleh masyarakat suatu negara pada satu waktu tertentu. Indikator yang digunakan untuk mengukur pendapatan nasional meliputi Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (PDB), indikator lainnya adalah Gross National Product (GNP) atau Pendapatan Nasional Bruto (PNB).

2 thoughts on “Teori Ekonomi Makro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *